Makalah Rekam Jejak hingga Calon Kapolri Milenial Sederet Pujian buat Komjen Listyo Sigit Prabowo

Calon tunggal Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo mendapat banyak pujian saat menjalani fit and proper test di Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (20/1/2021). Pujian itu dilontarkan oleh sederet anggota DPR yang turut menguji kelayakan dan kepatutan Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri yang baru. Calon tunggal Kapolri rekomensi Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mendapat pujian mulai dari calon Kapolri milenial hingga rekam jejaknya selama bertugas di Polri.

Tak hanya itu, makalah yang disusun oleh Listyo Sigit Prabowo juga mendapat pujian dari fraksi Komisi III DPR RI. Anggota Komisi III Fraksi Golkar, Supriansa menyebut makalah yang disusun ini merupakan yang terbaik sepanjang zaman ini. "Makalah yang dibuat teman teman, yang diprakarsai Bapak Sigit, ini makalah terbaik sepanjang zaman ini. Sempurna," kata Supriansa dalam uji kepatutan Komjen Listyo Sigit Prabowo yang disiarkan di Youtube DPR RI .

Untuk diketahui, Makalah Komjen Sigit itu berjudul 'Transformasi Menuju Polri yang Presisi: Prediktif Responsibilitas Transparansi Berkeadilan'. Menurut Supriansa, gagasan di makalah itu bisa menggambarkan bagaimana institusi Polri kedepannya. "Menurut kajian kami, tidak bisa kita mungkiri, hasil hasilnya sangat sistematis dan membawa kita untuk berpikir bagaimana polisi ke depan untuk memperbaiki kepentingan yang ada di tengah masyarakat," sambungnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III Fraksi PKS, Dimyati Natakusumah memberi pujian terhadap sepak terjang Komjen Listyo Sigit selama menjadi polisi. "Mengapresiasi Bapak Presiden yang menunjuk Komjen Sigit sebagai Calon Tunggal Kapolri, ini Komjen termuda yang dipilih dan Polri solid," kata dia. "Pak Sigit polisi yang cerdas dan bertangan dingin, di tangan beliau ini semua beres. Track record beliau pernah menjadi pimpinan polsek tingkat kecamatan, pimpinan polres tingkat kabupaten/kota dan pernah menjadi Kapolda Banten," lanjutnya.

Sebagai warga Banten, ia merasa Banten cukup kondusif selama Listio menjabar sebagai Kapolda. "Saya warganya bapak, jadi saya tahu sepak terjang bapak, Banten kondusif luar biasa," ujar Dimyati. "Beliau juga pernah jadi Kadiv Propram, tahu polisi yang buruk polisi yang nakal polisi yang jelek. Dan juga pernah jadi Kabareskrim, jadi tahu siapa siapa penjahat pelaku cybercrime dan kriminal justice," imbuhnya.

Dimyati Natakusumah juga memberi pujian terhadap makalah yang disusun oleh Listio Sigit. "Terkait Promoter berganti Presisi, ini luar biasa, Pak, saya kasih nilai 9, Pak. Makalahnya sangat bagus dan saya sangat senang membacanya," ujarnya. Tak hanya itu, pujian juga dilontarkan oleh Fraksi Gerindra serta Fraksi PAN.

"Apa yang menjadi presentasi Bapak tadi, itu merupakan suatu makalah yang boleh dikatakan, kalau tadi Pak Supriansa sempurna, kalau Golkar sudah ngomong sempurna, biasanya pemilihan Bapak juga sempurna. Sepertinya itu," kata Anggota Komisi III Fraksi Gerindra, Wihadi. "Sangat menarik makalah ini yang dibuat, saya sampai dua kali membaca. Ini betul betul kajian ilmiah sebenarnya, karena banyak filsafat yang terkandung di dalamnya," kata Sarifuddin Suding dari Fraksi PAN. "Kajian ilmu ontologinya ada, epistemologi dan aksiologinya dengan tag lain polisi yang presisi, transformasi polisi menuju presisi, prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan," sambungnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III Fraksi PDIP Irjen (Purn) Safaruddin memberi apresiasi kepada sosok calon kapolri yang baru ini. Menurutnya, Kapolri ini bisa sesuai dengan zaman saat ini yang mana merupakan era digital milenial. "Saya memberikan apresiasi kepada Pak Sigit kalau saya lihat bahan fit and proper test yang ini luar biasa jadi memberikan gambaran kepada calon Kapolri yang era digital milenial," ujar Safaruddin.

"Jadi bapak calon Kapolri yang milenial, kita sudah memasuki era milenial saat ini jadi kalau bahasanya keren bapak calon Kapolri yang keren," kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.