Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Ivermectin

Salah satu jenis obat anti parasit yang dipakai dalam mengatasi penyakit yang diakibatkan oleh infeksi cacing, seperti contohnya onchocerciasis dan strongyloidiasis, yaitu Ivermectin. Selain untuk mengatasi penyakit tersebut, obat yang satu ini juga dapat dipakai dalam mengatasi kutu rambut yang mengganggu serta mengobati rosacea.

Ivermectin untuk mengatasi masalah infeksi cacing akan bekerja dengan cara membunuh serta melumpuhkan larva cacing yang terdapat di dalam tubuh Anda. Obat tersebut juga dapat menekan mikrofilaria. Otomatis dengan begitu tentunya jumlah cacing yang nantinya akan menginfeksi tubuh Anda akan jadi berkurang.

Selain itu, obat yang satu ini juga di duga mempunyai efek anti radang serta kemampuan dalam menghambat protein yang diperlukan virus untuk dapat menyerang tubuh kita. Keamanan serta efektivitasnya untuk dapat mengobati covid-19 hingga saat ini masih terus dilakukan penelitian. 

Oleh karena itulah obat tersebut tidak boleh dipakai tanpa adanya pengawasan serta persetujuan dari seorang dokter. Penggunaan pada ivermectin memang harus sesuai dengan resep yang dokter berikan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda berniat untuk mengonsumsi ivermectin, antara lain yaitu :

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengkonsumsi Ivermectin?

  1. Hindari menggunakan obat ini jika Anda alergi terhadap penggunaan obat tersebut. Informasikan pada dokter mengenai riwayat alergi yang pernah Anda miliki.
  2. Hindari untuk mengonsumsi minuman yang beralkohol selama Anda menjalani pengobatan dengan mengonsumsi ivermectin.
  3. Informasikan pada dokter Anda jika di sini Anda sedang atau pernah menderita penyakit ginjal, hati, kanker, HIV, penyakit tidur, sistem imun yang lemah atau meningitis.
  4. Hindari untuk mengemudi atau melakukan kegiatan-kegiatan yang memerlukan kewaspadaan setelah Anda mengonsumsi ivermectin, karena obat tersebut bisa menyebabkan rasa pusing.
  5. Beritahu dokter ketika Anda tengah hamil, merencanakan kehamilan atau sedang menyusui.
  6. Informasikan pada dokter ketika Anda memakai suplemen, obat atau produk-produk herbal tertentu.
  7. Ketika Anda mengalami reaksi alergi, efek samping yang cukup serius serta overdosis ketika mengkonsumsi ivermectin, maka perlu segera menemui dokter.

Pemakaian Ivermectin yang Tepat

Mengkonsumsi Ivermectin perlu mengikuti anjuran dari dokter serta baca instruksi yang dimuat dalam kemasan dengan lebih teliti. Ivermectin tablet dikonsumsi ketika perut Anda kosong, yaitu ketika satu jam sebelum makan. 

Anda konsumsi tablet Ivermectin dengan menggunakan air putih. Jangan membelah, mengunyah atau menghancurkan obat tersebut, karena efektivitas bisa saja menurun.

Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi obat tersebut secara teratur hingga kondisi Anda telah merasa lebih baik. Konsumsi hingga obat tersebut habis. Dalam proses mengatasi infeksi parasit, pengobatan memakai obat yang satu ini memang perlu dilakukan hingga tuntas. Semoga berguna dan bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published.